Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Pengertian Perangkat Keras

Perangkat keras komputer atau biasa juga disebut dengan hardware adalah seluruh bagian atau komponen komputer yang berebentuk fisik yang dapat di lihat, di raba atau di sentuh secara langsung yang saling bekerja sama
antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam sistim komputer untuk mencapai tujuan.
Nah, dalam perangkat keras komputer itu sendiri ada beberapa bagian penting agar komputer dapat bekerja. Berikut bagian penting atau inti dari perangkat keras komputer.

1. Input Device (Komponen Masukan)

Pergankat Keras Masukan Komputer
Input device atau disebut juga dengan perangkkat input berfungsi untuk memberikan masukan ke dalam sistim komputer untuk kemudian di olah oleh perangkat lainnya. Perangkat input tersebut yaitu seperti keyboard, mouse, joystick, scanner dan webcam.
Sebagai contoh perangkat input seperti keyboard komputer, akan memberikan masukan huruf, angka ataupun symbol apa saja yang di ketikkan pengguna pada saat menggunakan komputer.

2. Proses Device

Perangkat pemrosesan komputer
Proses device atau perangkat pemrosesan adalah bagian yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data yang di masukkan oleh perangkat input device sebelumnya.

Alat pemrosesan dalam komputer disebut cpu (central processing unit) yang merupakan otak atau inti dari komputer untuk mengeksekusi suatu data yang diberikan.

Perangkat pemrosesan juga dapat berupa RAM komputer yang berfungi sebagai memori sementara untuk menyimpan data.

3. Output Device

Perangkat Output Device
Output device adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan atau mencetak hasil dari pemrosesan yang di lakukan komputer. Alat output komputer yaitu seperti monitor atau screen bertugas menampilkan text, gambar ataupun video, berikutnya printer juga berfungsi untuk mencetak hasil dari pengolahan komputer, dan speaker yang biasanya bertugas sebagai output dari audio atau suara yang di hasilkan komputer.

4. Storage Device

Perangkat Storage Device
Dari kata storage mungkin anda sudah tangkap apa fungsinya perangkat ini, ya storage atau penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data yang di perlukan dalam sistim komputer baik itu secara permanen ataupun untuk sementara.

Perangkat storage yaitu seperti hardisk computer, floppy disk, CD/DVD, flashdisk atau usb, vga card dan lain sebagainya.Untuk lebih detail pada postingan sebelumnya penulis sudah membuat artikel perangkat keras komputer dan fungsinya lengkap, silahkan di baca juga jika anda ingin mengetahui lebih detail.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Sholawat Ya Hujrotan dan Artinya ( يا حجرة )

Shalawat Nabi "Ya Habibal Qolbiy"

Bacaan Tasbih Subhanallah Walhamdulillah Lengkap Terjemahan